Rabu, 26 Juli 2017

SEA Games Kian Dekat, Polo Air Putra Matangkan Detail Strategi

SEA Games Kian Dekat, Polo Air Putra Matangkan Detail Strategi






Jakarta – Tim nasional polo air menurunkan tensi latihan seiring makin dekatnya SEA Games 2017. Mereka mematangkan detail strategi.

Polo air menggeber pelatnas sejak Februari 2017 di Simprug. Tim yang diperkuat 14 atlet berlatih pagi dan petang.

“Saat ini mereka tinggal mematangkan strategi, taktik, dan pertahanan di dalam kolam. Intensitas renangnya sudah berkurang, kami saat ini sudah mulai fokus ke detail startegi,” kata pelatih nasional, Dean Baldwin, yang juga komite teknis PRSI, dalam obrolan dengan detikSport beberapa waktu lalu.

Pematangan itu didasarkan dari dua kali uji coba yang dilakoni timnas polo air putra. Yakni, Islamic Solidarity Games (ISG) Mei di Baku, Azerbaijan disusul Serbia pada awal Juli 2017.

Pada persaingan di ISG, polo air putra Indonesia tak bisa berbuat banyak. Di hari pertama Indonesia digebuk Turki 4-12, dikandaskan Azerbaijan 7-9, dikalahkan Arab Saudi 6-12, kemudian digilas Iran 7-15.

Dalam kejuaraan di Serbia, timnas menempati posisi ketiga dari empat peserta, dengan tiga tim lain adalah tim lokal.

“Sebenarnya untuk ukuran baru persiapan dua bulan dengan dikirim ke ISG boleh dibilang memang kenyataannya seperti itu. Tapi, secara individu sejauh ini mereka (sudah) menunjukkan peningkatan dan perbaikannya sudah bisa dilihat dari kemajuannya sekarang dibandingkan sebelumnya,” kata Dean.

Dean juga mengklaim kekalahan-kekalahan di ISG tak bisa jadi ukuran. Sebab, dia bersikukuh penampilan anak asuhnya sudah oke.

“Sejauh ini kami juga memperbanyak melakukan internal game antar kami saja di dalam kolam dan ini bagus buat tim. Sejauh ini hasilnya pun sesuai progress yang dicanangkan tim pelatih,” katanya.

[Baca Juga: Tak Cuma Tuan Rumah, Timnas Polo Air Putra Waspadai Singapura dan Thailand]

“Kami juga menonton video lawan untuk menganalisis kekuatan lawan seperti Thailand dan Singapura. Apalagi kabarnya mereka baru melakukan pertandingan juga jadi atlet kami edukasi lewat itu, di samping di dalam kolam,” ungkapnya.

Dean berharap kemampuan tim meningkat sampai jelang pertandingan digelar 15 -20 Agustus. Pada SEA Games nanti, skuat timnas polo air akan memberangkatkan 13 orang.

“Yang kami bawa hanya 13 orang, sementara satu lainnya saat ini hanya sparring. Untuk target medali emas dan sejak awal kami mencanangkan itu. Semoga dengan hasil latihan ini bisa tercapai di Malaysia nanti,” harapnya.



(mcy/fem)



Source by [author_name]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar