Sabtu, 01 Juli 2017

Kualifikasi yang Sangat Buruk di Mata Dovizioso

Kualifikasi yang Sangat Buruk di Mata Dovizioso






Hohenstein-Ernsttha – Andrea Dovizioso bakal start di MotoGP Jerman dari posisi ke-10. Pebalap Ducati itu merasa tampil sangat buruk di sesi kualifikasi.

Dovizioso, yang kini berstatus pemuncak klasemen pebalap MotoGP, tercecer di kualifikasi yang berlangsung Sabtu (1/7/2017). Di Sirkuit Sachsenring yang basah, ia cuma menempati posisi 10.

Penampilan Dovi cukup berbeda ketimbang sebelumnya. Sempat jadi yang tercepat di hari pertama, Jumat (30/6/2017), pebalap Italia itu kesulitan di hari kedua.

Layout Sachsenring plus kinerja ban belakang Desmosedici GP17 jadi penyebab utama Dovi kesulitan mendapatkan kecepatan terbaiknya. Ban belakangnya lebih cepat aus sehingga cuma bisa mendapatkan sedikit lap.

“Hari ini sangatlah buruk. Saya tidak senang dengan posisi dan waktu putarannya. Saya tidak bisa menjalani kualifikasi dengan sempurna, tapi alasan utamanya adalah terjadi hal yang berlawanan dari kemarin. Saya tidak mengerti,” ungkap Dovi seperti dilansir Crash.

“Kemarin saya melahap 24 lap dengan ban yang sama dan bisa mendapatkan lap time di akhir sesi, saya juga tidak punya masalah dengan degradasi ban belakang. Sementara hari ini, saya memutuskan tidak memacu motor di empat lap pertama, terutama menggunakan ban belakang, untuk menyimpannya di beberapa lap terakhir sebab saya tahu trek bakal mengering.”

“Saya menghabiskan ban. Saya tidak punya grip lagi di bagian belakang dan perangkat elektronik jadi tidak bekerja dengan baik sebab ban habis. Pada akhirnya, saya memacunya namun tetap lambat dan ban sudah habis. Saya tidak berharap demikian dan itulah mengapa kami berada di posisi 10,” sambungnya.

Namun Dovi percaya masih ada kesempatan bangkit saat balapan berlangsung, Minggu (2/7/2017). Cuaca yang tak menentu plus kendala yang juga dialami tim lain membuatnya optimistis.

“Saya bisa lebih tangguh dari peringkat 10, tapi banyak pembalap kecepatannya hampir sama, jadi sulit menilai siapa yang akan jadi lebih cepat setelah 15 lap, terutama akhir pekan ini dengan kondisi yang basah,” tambahnya.

“Kami bukan yang tercepat, jadi sebenarnya penting bisa start dari baris pertama atau kedua. Karena itu saya tidak senang dengan ini. Tapi untungnya, Valentino (Rossi) dan Maverick (Vinales) bersama saya di sana (start dari tengah). Balapan akan terasa panjang dan kami harus mencoba maksimal,” tandasnya.

Kembali soal ban, Dovi mengaku belum tahu bakal menggunakan ban jenis apa di Sachsenring. Ia menyebut balapan kali ini akan seperti di Belanda yang cuacanya tak menentu.

“Kami belum membuat pilihan, tapi selain Marc, tidak ada yang mendapat banyak lap dengan bannya. Ini akan tidak menentu seperti di Assen,” tandasnya.



(nds/fem)



Source by [author_name]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar