Rabu, 02 Agustus 2017

Tentang Sarung Tinju Mayweather dan McGregor

Tentang Sarung Tinju Mayweather dan McGregor




Jakarta – Ada perbedaan besar antara sarung tangan petinju dan petarung MMA. Untuk duel Floyd Mayweather dengan Conor McGregor, bagaimana aturannya?

Dalam olahraga tinju, penggunaan sarung tinju adalah wajib. Alih-alih sebagai senjata (sebagaimana berfungsi di zaman kuno), sarung tinju justru didesain sedemikian rupa yang membuatnya berperan sebagai pengaman.

Sarung tinju dibentuk untuk melapisi buku-buku jari sehingga tidak menghasilkan efek merusak saat mengenai wajah. Ini meminimalkan peluang petinju mengalami luka wajah saat terkena pukulan.

Sarung tinju juga dibuat untuk men-support pergelangan tangan dan ibu jari, yang membuatnya terhindar dari patah saat berbenturan.

Sarung tinju punya beberapa tipe yang dibedakan dari beratnya. Yang paling ringan adalah 8 ons, lalu 10 ons, 12, 14, 16, 18, dan yang paling berat 20 ons.

Sarung tangan berukuran 12 hingga 20 ons umumnya dipakai saat berlatih menggunakan sansak atau melakukan sparring. Sementara untuk pertarungan resmi umum dipakai dengan ukuran 8 dan 10 ons. Sarung tinju 10 ons paling sering dipakai petinju profesional, tapi di kelas yang lebih ringan lebih suka memakai ukuran 8 ons.

Soal pemilihan ukuran sarung tinju ini, kedua pihak umumnya mencapai kata sepakat sebelum naik ring. Bagaimana untuk duel Mayweather dengan McGregor?

Dalam pernyataannya seperti dikutip dari Bleacherreport, Mayweather memastikan akan memakai sarung tinju 8 ons.

“Saya sudah bilang ke McGregor, ‘Ayo bertarung dengan sarung tinju 8 ons’,” tulis Mayweather di dinding Facebooknya.

“McGregor boleh bertarung menggunakan merek (sarung tinju) yang dia mau. Saya akan memakai sarung tinju 8 ons. Apapun yang menguntungkan McGregor untuk membuatnya merasa nyaman di atas ring, saya akan memenuhinya,” lanjut petinju dengan rekor 100% kemenangan itu.

Tentang Sarung Tangan Tinju Mayweather dan McGregorMayweather memastikan akan memakai sarung tinju 8 ons untuk duel dengan McGregor (Foto: Al Bello/Getty Images)

Beda Tinju, Beda MMA

Menggunakan sarung tinju konvensional akan jadi tantangan besar buat McGregor karena di ajang MMA (Mixed Martial Arts) dia memakai perlengkapan yang berbeda.

Perbedaan besar antara sarung tinju dengan sarung tinju MMA adalah pada bentuknya. Sarung tinju MMA berjenis ‘open finger’.

Jari-jari dibiarkan terbuka karena petarung MMA membutuhkannya untuk melakukan beberapa tehnik seperti grappling, clinch, atau submission. Intinya, petarung MMA membutuhkan jari-jari dalam keadaan bebas demi membantunya mengalahkan lawan.

Sarung tinju MMA juga dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan bobotnya. Kebanyakan petarung profesional menggunakan sarung tinju 4 ons. Sementara para amatir menggunakan yang lebih berat (6 ons) demi menambah perlindungan.

Meski terbiasa memakai open finger, McGregor harus memakai sarung tinju yang seperti yang dipakai Mayweather. Soalnya pertarungan yang akan dilangsungkan pada 26 Agustus mendatang menggunakan aturan tinju.


(din/nds)



Source by [author_name]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar